LOCAL FOOD THAT I EAT IN PENANG?

Thursday, March 23, 2017

Pulau Penang atau warga lokal menyebutnya Pulau Pinang, adalah sebuah pulau/kota yang merupakan bagian dari negara Malaysia. Penang juga sering disebut sebagai kota yang terkenal akan beragam kuliner dan merupakan surga bagi pecinta kuliner, termasuk saya. 😁
Di sini saya akan share sedikit pengalaman culinary trip saya di Penang selama 3 hari 2 malam, makanan apa dan dimana saya makan beberapa kuliner lokal dan beberapa cafe dan coffee shop disana.
Di kota Penang ini saya memang lebih tertarik dan mengutamakan mengejar local food dan street food nya, yang menurut beberapa sumber Penang merupakan salah satu destinasi wajib Asia bagi pencinta street food. Inilah beberapa local food yang saya coba di Penang.


  • Nasi Kandar

adalah makanan khas Malaysia dan nasi kandar ini kuliner asli yang berasal dari Penang. Nasi kandar adalah nasi putih hangat   yang disajikan dengan beberapa kuah macam kuah kari dan juga berbagai macam side dish seperti ayam goreng, rendang, sotong, dsb. Dalam perkembangannya nasi kandar ada yang mengganti nasi putih nya dengan nasi gurih atau malah ada yang menggantinya dengan nasi biryani khas India seperti di yang saya makan ini.
Nasi kandar yang saya makan ini adalah di Hameediyah Nasi Kandar. Hameediyah merupakan penjaja nasi kandar tertua di kota Penang. Mereka sudah mulai berjualan nasi kandar dari tahun 1907. Selain nasi kandar yang terkenal disni adalah murtabah khas India, tetapi saya tidak mencobanya pada saat itu. Satu porsi nasi kandar seperti diatas dengan nasi biryani dan lauk ayam goreng, telor, rendang, dan ayam kapitan berharga RM 24.00.

Hameediyah Restaurant 1907
164 A Campbell Street, GeorgeTown,
Pulau Pinang.
Opening hours : 10am - 10pm (daily)


  • Chendul










Chendul atau yang biasa kita menyebutnya cendol adalah salah satu street food terkenal juga di Penang. Ada salah satu penjual chendul terkenal yang sudah berjualan juga sejak lama, sejak tahun 1977. Nama lengkap nya Penang Road Famous Teochew Chendul.
Chendul dan cendol tidak berbeda jauh cuma yang membedakan mereka menggunakan gula mekala khas Malaysia dan itu juga yang membuat rasanya berbeda dengan cendol di Indonesia. Theochew Chendul ini awalnya berjualan hanya kaki lima di Lebuh Keng Kwee dan sekarang sudah mempunyai beberapa cabang dan ada juga cabang nya yang di dlm mall. Satu mangkok Original Chendul di banderol seharga RM1.50.

Penang Road Famous Teochew Chendul
27 & 29 Lebuh Keng Kwee (Penang Street),
10100, Georgetown, Penang.
Opening Hours : 
Mon - Fri 10.30am - 7pm
Sat- Sun 10am - 7.30pm






Bagi kalian yang sudah dan akan mencoba Teochew Chendul jangan terlalu terburu-buru meninggalkan lokasi, karena di lokasi yang sama ada salah satu local food Penang juga yaitu asam laksa, dan menariknya Penang Road Famous Laksa ini adalah salah satu the best in town! Bagi yang belom familiar dengan asam laksa, asam laksa berisi rice noodle dengan ayam dan udang/ikan dan berkuah dengan rasa pedas dan asam. Saya bukan penggemar pedas tp entah mengapa saya suka asam laksa di resto ini yang dihargai RM 6.00.

Penang Road Famous Asam Laksa @ Kafe Joo Hooi
Jalan Penang ( sama dengan lokasi Teochew Chendul)
Georgetown, Penang.
Opening Hours: 10.30am - 5pm


  • Apom Manis





Apom Manis Chooi (RM 1.60 for 4pc)

Kalau yang satu ini namanya apom manis, setau saya ada 2 macam apom manis, yg agak tebal seperti yang saya beli di Apom Chooi dan ada yang lebih tipis seperti crepes. Namanya apom manis sudah pasti rasanya manis dan mirip kue apem kalau disni. Sebenarnya Apom Chooi ini bukan tujuan utama saya, tujuan utama saya untuk apom manis adalah di stall yang berada di Gurney Drive Hawker Center, tetapi berhubung sudah 3x saya datang dan tutup terus tanpa ada informasi yang  jelas jadi saya memutuskan untuk beralih ke apom Chooi ini.

Apom Chooi

Jalan Burmah, 10050
Georgetown, Pulau Penang.
Opening hours : 10am - 6pm (Monday closed)


  • Dim Sum












all on the table only RM 31.50

Sebenarnya dim sum bukan merupakan makanan khas dari Pulau Penang, tetapi saya memutuskan untuk mencoba makan dim sum di restaurant ini karena ini adalah dimsum restaurant tertua sejak tahun 1950 dan kabarnya walaupun sudah berganti pemilik beberapa kali, mereka tetap bisa menjaga konsistensi makanan mereka.

Metode untuk order di Tai Tong restaurant ini beda dari restaurant pada umumnya. Ada banyak wanita paruh baya yang masing-masing mendorong kereta berisi bertumpuk-tumpuk plate dimsum, kita tinggal menunggu mereka melewati meja kita dan memberhentikannya untuk memesan dimsum apa yang kita mau, dan mereka langsung mencatat apa saja pesanan kita, menu dimsumnya komplit banget dari yang goreng sampai rebus dengan berbagai macam variant.

Tai Tong Restaurant

45, Lebuh Cintra
Georgetown, 10100 Pulau Penang
Malaysia
Opening hours:
6am - 2.30pm ; 6.15pm - 11.30pm
(open daily, except Monday only 6am - 2.30pm)


  • Koay Teow Th'ng


Flat rice noodle atau yang sering kita sebut kuetiaw dimasak dengan kuah kaldu bening, dan biasanya bertoping daging, bakso ikan dan bertabur bawang goreng dan daun bawang itulah yang dinamakan koay teow th'ng. Ada salah satu penjual koay teow th'ng terkenal di penang yang terletak di Jalan Carnavon bernama Pitt Street Koay Teow Th'ng, bukan hanya terkenal di kalangan penduduk lokal tetapi di kalangan tourist juga. Yang membuat Koay Teow Th'ng di tempat ini susah dilupakan adalah bagian bakso, kuah dan potongan daging babi nya. Bakso disini yang biasanya terbuat dari bakso ikan, mereka disni memakai bakso belut/eel, dan bakso nya super gurih dan lembut bikin saya tambah satu porsi lagi yang isinya cm daging babi dan baksonya.. lol
Seporsi komplit Pitt Street Koay Teow Th'ng ini dihargai RM 8.00 per mangkoknya, dan bagi yang kurang suka pakai kuah mereka juga punya yg versi kering nya kok.

Pitt Street Koay Teow Th'ng
183, Carnavon Street, (Beside 'Tiger' Char Koay Teow)
10100, Georgetown, Penang.Opening hours:
8am - 4pm (Tuesday to Sunday)
8am - 1pm (Sunday)
Closed on Monday.


  • Char Kway Teow
Pertama kali saya dengar makanan ini dan tau makanan ini adalah makanan asli dari Penang adalah apakah beda char kway teow dan kuetiauw yg biasa saya makan di Indonesia? Setelah saya mencobanya ada beberapa perbedaan kecil diantara kedua kwetiau tersebut, char kway teow umumnya menggunakan daging babi/sosis babi, kerang, udang utuh, dan menggunakan sedikit bumbu belachan.
Saya mencoba 3 char kway teow di Penang, salah satunya ada di Gurney Drive Hawker Center. Tp saya hanya akan membahas 2 lainnya.


Char Koay Teow with duck egg (RM 7)
Yang pertama adalah Tiger Char Koay Teow, tempatnya ada dekat dengan Pitt Street Koay Teow Th'ng hanya terpaut 3 rumah. Seperti yang saya bilang di awal, perbedaan yang paling mencolok dari char koay teow adalah menggunakan udang utuh dan kerang, Tiger char koay teow ini merupakan salah satu yang enak dan terkenal di Penang.

Tiger Char Koay Teow

179, Lebuh Carnarvon
Georgetown 10450,
Penang, Malaysia.
Opening hours : 8am - 2.30pm (daily)



Char Koay Teow Medium Size (RM 10)
Char Koay Teow yang berikutnya dari Kafe Heng Huat dan yang ke-2 ini bagi saya lebih mendingan daripada punya Tiger Char Koay Teow , dari segi bumbu lebih berasa dan disni pake sosis babi yg diiris tipis, otomatis rasanya lebih gurih, dan udang nya lebih besar2.

Di Kafe Heng Huat ini saya juga mencoba makanan lokal lain yaitu

  • Oyster Omelette
Fried Oyster (RM 15.00)

Lokal food yang terakhir ini nampaknya sudah tidak perlu saya jelaskan juga kali ya. Ya, ini adalah cuma telor dadar seperti biasa hanya dicampur dengan oyster, ada beberapa menyebutnya fried oyster. Disini oysternya fresh dan ukurannya besar-besar, tetapi bagi saya kurang asin, ditambah garam sendiri lebih enak pastinya...


Kafe Heng Huat
82, Lorong Selamat
10400 Georgetown,
Penang, Malaysia.
Opening Hours : 11am - 6pm
(Tuesdays Closed)



Sebenarnya masih banyak local food asli Pulau Penang, Malaysia yang belom saya coba seperti rojak, pasembur, hokkien hae mee, laksa lemak, ais kachang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Saran saya kalau kalian pergi ke Penang untuk culinary trip jangan cm berdua atau sendirian, usahakan rame-rame biar bisa lebih banyak cobain makanan disana. Makanan di Penang murah-murah banget, dan untuk akses saya kemana-mana saya menggunakan uber, selain hemat waktu, uber di Penang sangat murah dibandingkan kota lain seperti Singapore, jadi selain lebih hemat waktu kalian juga bisa lebih ke banyak tempat. Tapi selain banyak kelebihannya klo ng-uber terus tidaklah sehat, kenapa? Karena kalian jadi tidak bisa berjalan kaki untuk membakar kalori yang kalian kumpulkan lewat culinary trip. lol

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe