FAMOUS ROAST GOOSE IN HONG KONG

Sunday, November 20, 2016

Roast goose adalah salah satu kuliner yang terkenal di Hong Kong. Beberapa resto di Hong Kong mendapatkan mendapatkan penghargaan "Michelin Star" dari sajian andalannya yang berupa roast goose. Sebenarnya ada lumayan banyak restaurant terkena yang menyajikan roast goose, namun saya hanya sempat mencoba beberapa saja. Saya akan share sedikit pengalaman dan di resto mana saya mencoba makanan khas Hong Kong ini..


1. Kam's Roast Goose



Yang pertama ini adalah favorite saya. Kam's Roast Goose adalah salah satu restaurant yang mendapat award Michelin Star tiga tahun berturut-turut, mulai tahun 2015 sampai 2017. Yang beberapa hari lalu membuka cabang nya pertama di luar Hong Kong dan outlet yang kedua di dunia, di Singapore.



Restaurant ini hampir setiap hari dari pagi sampai sore antri cukup panjang, waktu itu dengan antrian di depan saya ada sekitar 5 orang dan menunggu sekitar 1jam-an. Tetapi walapun resto nya terkenal, mereka mempunyai pelayanan yang ramah.







Roose goose (HKD $145 for quarter), ini enak banget sih, daging goose nya empuk banget dan kulit nya sedikit crispy, dicocol saus plum manis jg enak tergantung selera.


Crispy Roast Pork (HKD $80)

Kam’s Roast Goose Hong Kong
Po Wah Commercial Centre, 226 Hennessy Rd
Wan Chai, Hong Kong
(3-min walk from Exit A4, Wan Chai MTR Station)
Opening Hours: 11:30am – 9:30pm



2. Yung Kee

Salah satu restaurant yang mendapat banyak penghargaan di Hong Kong dan tempat nya tergolong fancy. Pemilik Yung Kee merupakan kakek dari pemilik Kam's Roast Goose. Yung kee sebenar nya mempunyai banyak menu masakan, apabila membuka buku menu nya yang tergolong tebal kita bisa membaca penghargaan mereka yang berderet lumayan banyak dari tahun ke tahun. Karena penasaran dengan roast goose dari si kakek dari Kam's Roast Goose ini maka saya pesan menu yang sama seperti yang saya pesan di Kam's. Untuk soal menu jangan khawatir ada bahasa Inggris nya kok jd untuk yang tidak mengerti tulisan mandarin bisa memilih menu dengan lacar.. lol

Signature Charcoal Roasted Goose (HKD $200 for Regular)

 Ini dia penampakan roast goose dari Yung Kee. Roast goose di tempat ini lebih berminyak dan lebih banyak lemak. Untuk daging nya empuk dan kulit nya little bit crispy. Menu ke-2 yang saya pesan masi belom bisa lepas dari yang berbau babi, Sweet and sour pork, dgan daging yang juga empuk dipadu dgan rasa segar dan manis, dan daging babi nya digoreng dl sebelum di masak dgan bumbu sweet dan sour, krispy di luar empuk di dalam, saya lebih ambil lauk lebih banyak ini dibanding roasted goose nya..

Sweet and Sour Pork (HKD $180)
Yung Kee
32-40 Wellington Street, Central
Hong Kong
(4-min walk from Exit D2, Central MRT Station)
Opening hours : Moday to Sunday: 11:00-23:00


3. Yat Lok

Ini resto ke-3 yang saya coba, tempat nya sangat dekat dengan Yung Kee. Yat Lok pernah dapat penghargaan Michelin Star pada tahun 2015, tp tidak mendapatkan lagi di tahun berikut nya. Tetapi walaupun sudah tidak mendapatkan Michelin Star, masih menjadi favorite banyak orang. Sebelum kesini saya ingat kan terlebih dahulu, pelayanan disni sudah terkenal tidak ramah dan jutek, dan itu kejadian juga ke saya.






Pada saat saya kesana, memang keadaan perut saya tidak lapar, jadi kami memutuskan untuk pesan 1 menu sharing berdua. Waktu kami ingin pesan roast goose nya saja tanpa mie atau nasi ternyata sudah kehabisan, tinggal menu roast goose yang campur nasi atau mie.

BBQ Pork & Goose with Noodle (HKD $48)
 Untuk tipikal mie nya ala Hong Kong banget yang kecil2 dan kalau dimakan tanpa kuah cenderung tidak ada rasanya, tapi apa bisa dipadu dgan kuah nya yg gurih jd pas rasanya. Untuk rasa dari bbq pork dan goose nya jg enak, dgan rasa goose mereka memang layak untuk dapat Michelin Star di tahun 2015 lalu, cm saya kecewa dengan pelayanannya yang tidak raman, untuk rasa makanannya oke kok, enak.

Yat Lok
G/F, 34-38 Stanley Street, Central
Hong Kong
(4-min walk from Exit D2, Central MTR Station)
Opening Hours : Mon- Sat:10:00-21:00, Sun and public holiday:10:00-17:30





Sayang nya saya hanya sempat mencoba tiga restaurant specialist roast goose itu, untuk kedepannya saya ingin coba roast goose lain yang terkenal di Hong Kong, dan nanti bakalan saya update lagi kalau saya sudah mencoba lainnya. Untuk sementara saya prefer suka ke Kam's Roast Goose sih daripd yang lainnya, tp untuk overall semua oke, semua punya bumbu sendiri dan ke-khas-an sendiri dalam mengolah roast goose andalannya.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe